1. Direct Advertising
Di mana pemasang iklan dan pemilik media
berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau
inisiatif promosi lainnya.
Analisa:
Media yang sering jadikan iklan jenis Direct Adv adalah di blog. Untuk pemasangan iklan tidak sembarangan, tidak semua yang punya blog hanya blog yang menyediakan layanan iklan dengan terafik rank cukup tinggi, artinya blog tersebut bisa dipercaya penyedia jasa iklan dan cukup populer atau sering banyak dilihat pengunjung.
Media yang sering jadikan iklan jenis Direct Adv adalah di blog. Untuk pemasangan iklan tidak sembarangan, tidak semua yang punya blog hanya blog yang menyediakan layanan iklan dengan terafik rank cukup tinggi, artinya blog tersebut bisa dipercaya penyedia jasa iklan dan cukup populer atau sering banyak dilihat pengunjung.
Format iklan jenis Direct Adv ini biasanya iklan
teks dan iklan gambar / banner.
Adapun kontrak antara pemasang iklan dan pemilik media, orang yang akan memasang iklan tinggal menyepakati sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan si pemilik media (blog).
Adapun kontrak antara pemasang iklan dan pemilik media, orang yang akan memasang iklan tinggal menyepakati sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan si pemilik media (blog).
Kelebihan
Kelebihan dari jenis iklan direct advertorial ini cukup praktis hanya dengan memajang iklan sesuai yang kita inginkan atau bisa menyesuaikan pada target konsumen agar lebih efektif seperti menempatkan iklan jual kaos football pada situs/blog komunitas pecinta bola dan jika kita memasang iklan dalam situs web atau blog penyedia jasa iklan yang trafiknya tinggi atau selalu banyak pengunjungnya, kemungkinan besar iklan kita juga banyak pengunjunga yang melihatnya.
Kelebihan dari jenis iklan direct advertorial ini cukup praktis hanya dengan memajang iklan sesuai yang kita inginkan atau bisa menyesuaikan pada target konsumen agar lebih efektif seperti menempatkan iklan jual kaos football pada situs/blog komunitas pecinta bola dan jika kita memasang iklan dalam situs web atau blog penyedia jasa iklan yang trafiknya tinggi atau selalu banyak pengunjungnya, kemungkinan besar iklan kita juga banyak pengunjunga yang melihatnya.
Kekurangannya
Sedangkan kekurangannya ada pada ukuran iklan gambar/banner yang akan di tampilkan sesuai dengan kontrak harga, jika ukuran banner kita kecil dari iklan banner orang lain kemungkinan iklan banner kita tidak dilirik, untuk menampilkan iklan banner dengan ukuran besar membutuhkan biaya cukup besar juga.
Sedangkan kekurangannya ada pada ukuran iklan gambar/banner yang akan di tampilkan sesuai dengan kontrak harga, jika ukuran banner kita kecil dari iklan banner orang lain kemungkinan iklan banner kita tidak dilirik, untuk menampilkan iklan banner dengan ukuran besar membutuhkan biaya cukup besar juga.
2. Self-service Advertising
Pendekatan iklan baru di mana materi iklan,
penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan
melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan
Google AdWords
Analisa
Biasanya jenis iklan ini kita bisa lihat di
berbagai situs penyedia layanan iklan. Salah satu situs terbesar seperti situs
mesin pencari yaitu Google dan pempunyai program layanan iklan yaitu Google
AdWord. Layanan iklan yang ditawarkan bisa berupa bentuk teks, gambar maupun
video. Secara umum iklan jenis ini bisa kita lihat ketika kita mengetikan
kalimat pada mesin pencarian Google, itu bisa langsung muncul iklannya ada di
barisan sebelah kanan sesuai keyword yang kita ketik tadi.
Kelebihan
Dalam memasaang iklan kita bisa lebih leluasa
mengatur sesuai keinginan baik isi kontennya maupun posisi tataletak, semua
diatur oleh si pemasang iklan sendiri. Membayar iklan hanya ketika ada konsumen
yang mengklik iklan kita, lain halnya seperti iklan tayang di Televisi harus
bayar per detik padahal semua orang belum tentu melihatnya.
Kekurangan
Pada kendala pembuat iklan, dibutuhkan keahlian
khusus sesuai program situs penyedia iklan tersebut karena untuk menggunakan
fasilitas iklan kitalah sebagai pemilik iklan yang mengelolanya dan juga
dibuthkan kreatifitas pada konten maupun penempatan agar menarik perhatian
konsumen. Jenis iklan ini kurang efektif karena tidak mentargetkan pada
konsumen secara khusus sehingga dibutuhkan kalimat pengetikan yang tepat
sebagai kata kunci pada mesin pencari google karena secara umum akan muncul
banyak para pesaing yang lain juga yang menawarkan iklan yang sama.
3. Ad Networks
Sebuah jaringan (network) iklan yang
menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web.
Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak
mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang
melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: ValueClickMedia dan Tribal
Fusion.
Kelebihan
kelebihan memasang iklan yang berasal dari ad
network atau jaringan iklan online adalah Anda bisa fokus menulis artikel yang
berkualitas tanpa harus bersusah payah mencari orang yang mau memasang iklan di
blog Anda. Kalau traffic blog Anda masih rendah tentu saja tidak ada orang yang
mau memasang iklan di blog Anda. Dengan bergabung di jaringan iklan, Anda
memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari iklan. Namun tentu saja, Anda
tetap harus memiliki traffic blog yang tinggi agar pendapatan iklan Anda
semakin tinggi.
Kekurangan
Memasang iklan dari ad network atau jaringan iklan
tentu juga memiliki kekurangan, yaitu jaringan iklan memiliki peraturan dalam
pemasangan iklan yang harus Anda ikuti. Hal ini tentu saja mengurangi kebebasan
Anda dalam memasang iklan. Anda juga tidak bisa menentukan iklan-iklan apa saja
yang mau Anda tampilkan di blog atau website Anda.
4. Contextual Advertising
Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak
ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis
sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google
AdSense dan Yahoo Publisher Network.
Analisis
Iklan jenis ini hanya ditampilkan pada pengunjung
yang benar-benar tertarik dengan produk atau jasa yang di iklankan, jadi hasil
promosi anda lebih terarah sesuai target yang dikehendaki.
Maksudnya iklan kita akan di respon hanya
pengunjung yang tertarik saja, sehingga penempatan iklan juga harus di publish
yang strategis seperti pada situs web dengan trafik rank cukup tinggi.sistem
pembayaran yaitu apabila ada pengunjung yang meng-klik iklan kita.
Kelebihan
kelebihan yang dimiliki oleh iklan ini posisi
iklan sudah otomatis dipilih oleh sistem yang tepat sesuai produk yang
dipromosikan, sehingga pengguna internet atau konsumen yang akan bergabung akan
lebih banyak melihat iklan tersebut. Pembayaran iklan murah karena
diambil hitungan per klik dai para pengunjung. Contoh pembayaran misalkan per
klik harganya Rp.500 Jika kita hanya
mempunyai dana untuk Iklan sebesar Rp. 100.000 saja, maka Iklan kita sudah
dapat 200 kali klik oleh para pengunjung. Cukup lumayan murah dan efisien.
Kekurangan
Karena dipilih secara otomatis oleh sistem,
sehingga pasar konsumen tidak bisa ditentukan oleh pemasang iklan. Dalam bentuk
ini, Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem
secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.
5. Twitter Advertising
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang
iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada
user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh:
Magpie dan Twittad
Analisa
Jenis Iklan ini yang berfungsi sebagai tweet dari
pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek seperti sebuah link
untuk di klik dan dikunjungi pada situs yang disarankan, dan juga seperti
rangkaian kalimat promosi hanya bagian penting saja seperti nama produk, sample
produk dalam bentuk gambar, harga, alamat toko dan nomor kontak yang bisa
dihubungi langsung kepada pemilik iklan tersebut.
Kelebihan
kelebihan dari iklan ini memungkinkan produk/jasa
yang dipromosikan atau diiklankan akan banyak dikunjungi oleh konsumen yang
akan bergabung, melihat banyaknya pengguna twitter sehingga sangat meyakinkan
akan banyak pengguna dan lebih banyak mendapatkan calon konsumen.
Kekurangan
kekuranganya iklan ini banyak orang yang tidak
tahu karena iklan yang muncul bentuknya kecil sehingga sedikit orang yang tahu.
Dalam hitungan menit tweets iklan kita akan bergeser kebawah hingga tidak akan
terlihat karena banyak tweets baru yang muncul. Kekurangan jenis iklan ini juga
dibatasi oleh karakter dan huruf dalam penulisannya karena twitter membatasi
140 karakter, sehingga dibutuhkan kalimat pendek yang unik dan yang dianggap
paling penting saja.
6. In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis
menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang
berhubungan. Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad
Sistem in-text advertising secara otomatis
menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang
berhubungan.
Kelebihan:
Link situs promosi dapat dilihat oleh semua
pengguna.
Kekurangan:
sasaran pasar tidak bisa diprediksi oleh
perusahaan pemasang iklan
7. Ad Network Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih
iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan
mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan
karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild
Kelebihan:
Persaingan dalam mempromosikan iklan lebih mudah
jika visual dari iklan baik. Dan mendapat efek positif terhadap persaingan
iklan.
Kekurangan:
Perusahaan kecil tidak dapat menggunakan bentuk
iklan ini, dan tidak semua level produk yang diiklankan dapat menggunakan
bentuk iklan ini.
8. Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta
situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar
yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated
Media dan Tribal Fusion
Kelebihan:
kelebihan iklan ini dapat Memudahkan perusahan
dalam mempromosikan produk/jasa mereka dan dapat di prediksi terlebih dahulu.
Karena pihak agensi ikut serta membantu strategi pemasaran.
Kekurangan:
Besarnya biaya pengeluaran iklan, karena iklan
dipromosikan melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara.
9. Social Advertising
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan
tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti
pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung
dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo
Analisa
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan
tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti
pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung
dari teman ke teman.
Kelebihan
promosi lebih banyak melalui bentuk iklan ini
karena digunakan di media sosial yang banyak digunakan pengguna internet,
sehingga memudahkan promosi dan tidak memerlukan biaya yang besar.
Kekurangan
Harus mempunyai website untuk memasang iklan atau
blog lain agar memudahkan proses promosi.
10. Video Advertising
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video.
Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum,
setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan
AdSense for Video.
Kelebihan:
Kelebihan dari iklan ini iklannya lebih menarik
untuk dilihat oleh pengguna internet karena isinya berbentuk audio visual dan
gerakan-gerakan.
Kekurangan:
kekurangannya tidak banyak orang yang melihat
iklan tersebut karena pengguan internet lebih fokus melihat video.
11. RSS Advertising
Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang
bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual
ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising
Kelebihan:
Dapat menyesuaikan penempatan iklan melalui
klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.
Kekurangan:
tidak banyak dilihat oleh semua pengguna
internet.
12. Sponsorship
Bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk
produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online
adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif
daripada pemasangan iklan online berbentuk banner
Analisa
Adanya jenis iklan sponsor ini bisa dilihat
peluang dari pengelola situs web atau blog yang mempunyai trafik rank tinggi
sehingga sangat diminati oleh para pembisnis yaitu orang yang ingin
mempromosikan iklan produknya di situs tersebut karena melihat banyak
pengungjung yang dating ke situs tersebut. Orang yang mengiklankan disebut
sponsor yang mendonasikan uangnya kepada orang yang mempunyai situs website
tadi.
Kelebihan
kelebiahannya sasaran pasarnya lebih banyak dan
Lebih efektif, cara yang merupakan tidak terlalu berat dan efisiensi dari
waktu.
Kekurangan
biayanya lebih cukup besar, pengerjaan iklan
dibutuhkan kreatifitas agar mampu menarik perhatian para pengunjung.
HORMAT KAMI
DS ADVERTISING
0 komentar :
Posting Komentar